/ -->

Ciri-Ciri Kampas Rem Habis dan Perlu Diganti Segera

Konten [Tampil]
Ciri-Ciri Kampas Rem Habis dan Perlu Diganti Segera



Ciri-Ciri Kampas Rem Habis dan Perlu Diganti Segera - Mempunyai motor memang memudahkan banget ketika bepergian jauh. Apalagi menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos apalagi pergi tiap hari.  Ada tapinya bagi pengendara motor khususnya perempuan ya tidak jarang yang tahu kalau motor juga perlu di rawat bukan hanya di pakai saja. Salah satu contohnya harus tahu komponen yang paling penting dalam motor yaitu kampas rem.

Kampas rem adalah komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraan. Ketika pedal remnya diinjak, maka kampas rem akan menekan cakram, sehingga menciptakan gesekan yang mengurangi kecepatan roda. Soalnya banyak sekali yang mengabaikan rem. Padahal rem itu sangat penting untuk kendaraan.

Fungsi Kampas Rem

Apa saja fungsinya? Fungsi utama kampas rem yaitu menciptakan gesekan yang diperlukan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Kriteria kampas rem yang baik harus bisa:

1. Memberikan Gesekan yang Optimal artinya kampas rem harus memiliki daya cengkeram yang kuat terhadap cakram atau tromol rem.
2. Tahan Panas artinya gesekan yang terjadi selama pengereman menghasilkan panas. Kampas rem harus mampu menahan panas agar gak mudah cepat aus.
3. Kampas rem yang berkualitas biasanya dirancang untuk mengurangi suara berdecit yang sering muncul saat pengereman.
4. Kampas rem harus tahan lama dan tidak mudah aus, mengingat fungsinya yang sangat penting dalam keamanan berkendara.

Kapan Harus Ganti Kampas Rem?

Untuk mengganti kampas rem yang habis sangat penting lho soalnya untuk menjaga keselamatan berkendara. Efek kampas rem habis bukan hanya mengurangi pengereman saja, tetapi bisa merusak komponen lain seperti cakram atau tromol rem. 

Jika pengereman yang tidak optimal bisa meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dalam kondisi jalan yang terjal berliku hehehe. Kapan sih mengganti kampas rem? Sebaiknya mengganti kampas rem tepat waktu sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara. 

Tips untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengganti kampas rem

Masalah kampas rem jangan dianggap enteng lho. Ternyata bisa membahayakan keselamatan saat kita  berkendara. Penting banget untuk mengetahui tanda-tandanya kampas rem  wajib banget perlu diganti. Apa saja ciri-cirinya?

1. Berdasarkan Jarak Tempuh

Secara umum, kampas rem perlu diganti setiap 30.000 hingga 70.000 kilometer, tergantung jenis kendaraan tidak dipukul rata semuanya sama, kualitas kampas rem, dan cara berkendaranya. Kalau sering digunakan apalagi dengan kondisi lalu lintas yang padat ya pasti perlu sering pergantian rem kapas karena sering mengerem mendadak di lampu merah,  berapa banyak lampu merah yang di lewati? Pasti banyak berhenti kadang mendadak juga kan?

2. Pemeriksaan Secara Terperinci

Coba periksa ketebalan kampas rem. Jika ketebalan kampas rem sudah kurang dari 3 mm, saatnya untuk ganti. Banyak kampas rem dilengkapi dengan indikator keausan yang bisa teman Linimasaade lihat tanpa harus membongkar roda. Harga kampas rem sangat bervariatif. Nanti bisa tanya ke tempat service kampas rem yang cocok untuk motor teman Linimasaade apa/

3. Suara Tidak Normal

Jika mendengar suara berdecit, berderit, atau gesekan logam saat mengerem, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas rem sudah habis. Saat diganti ya.  Suara ini biasanya muncul kalau kampas rem yang sudah tipis sehingga logam pada kampas mulai bergesekan langsung dengan cakram.

4. Getaran atau Getar Saat Mengerem

Pernah merasakan getaran pada pedal rem atau setir saat mengerem?  Ini bisa menjadi tanda kampas rem sudah aus. Getaran biasanya disebabkan oleh permukaan kampas rem yang gak rata lagi.

5. Pedal Rem Terasa Lebih Dalam

Jika pedal rem perlu tenaga dalam hehehe saat diinjak,  dan perlu menekan lebih keras untuk menghentikan kendaraan, bisa jadi tanda bahwa kampas rem sudah menipis dan alangkah lebih baiknya perlu diganti.

6. Peringatan pada Dashboard

Biasanya dalam tipe kendaraan, ada indikator di dashboard yang akan menyala jika kampas rem sudah habis atau mendekati batas keausan. Kalau tidak ada peringatan di dashboard nya, periksa manual ya teman Linimasaade. 

7. Bau Terbakar Saat Mengerem

Bau terbakar saat mengerem bisa menjadi tanda kampas rem terlalu panas dan sudah mulai habis. Gesekan yang berlebihan antara kampas rem yang tipis dengan tromol rem bisa membuat panas berlebih dan bau terbakar.

8. Jarak Pengereman Lebih Panjang

Jika merasa jarak pengereman semakin panjang, bisa jadi tanda kampas rem sudah tidak maksimal dalam pemakaiannya dan perlu banget diganti. Pengereman yang tidak efektif bisa sangat berbahaya, apalagi dalam kondisi darurat.

Gimana teman Linimasaade, cara sederhana merawat motor itu perlu tahu karena kendaraan pun ama seperti badan kita perlu di rawat juga salah satunya selalu mengecek kampas rem. Dengan mengecek ecara berkala dan tepat Waktu maka tanda-tanda rem aus akan terhindar. 

5 Responses to "Ciri-Ciri Kampas Rem Habis dan Perlu Diganti Segera"

  1. Ganti kampas rem sebaiknya tiap berapa lama ya? Iyaa motor juga wajib dirawat jangan dipake aja. Kalo kampas rem habis juga bahayaa di jalan karena bisa gagal ngerem.

    ReplyDelete
  2. Kampas rem memang seharusnya diganti secara reguler, apalagi yang kendaraannya rutin dipakai setiap saat. Ini demi mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan di jalan.

    Saya biasanya menandai di kalender kapan terakhir kali ganti kanvas rem dan kapan harus ganti berikutnya. Tapi saya juga memperhatikan ciri-ciri di atas kalau setidaknya ada 4 dari 8 tanda sudah terjadi, bisa lebih cepat ganti kanvas remnya.

    ReplyDelete
  3. Kalau perempuan kayaknya kurang paham ya sama yang beginian makanya penting banget informasi tentang kampas rem ini

    ReplyDelete
  4. Agak serem kalau masalah rem ini.
    Biasanya kalau motor tuh suka rada weird kalau abis menerjang banjir.
    Huhuu.. kebiasaan aku pas kuliah banget. Daripada kelamaan nunggu, sama-sama kuyup, jadi menerjang hujan badai.

    Besokannya, selain butuh dikasih oli buat rantainya, remnya juga kudu di cek-cekin lagi tuh.. dengan cara gas-rem-gas-rem.
    Kalo uda gaenak, kudu cepetan ke bengkel deh..

    ReplyDelete
  5. Artikel ini seperti reminder kalau "pakai motor bukan hanya diisi bensin":( sebagai perempuan yang malas cek ricek kondisi motor, berguna banget sih.

    ReplyDelete
Mohon berkomentar dengan bijak. Berkomentar menggunakan link hidup otomatis akan di hapus. Terima kasih ^_^